Selamat Jalan dan Semoga Sukses untuk Kakak Kelas XII Selamat Datang untuk Adik-Adik Kelas X Minggu-minggu ini bakal jadi minggu...

SMAN 1 Jember : 5W + 1H & PPDB


Selamat Jalan dan Semoga Sukses untuk Kakak Kelas XII
Selamat Datang untuk Adik-Adik Kelas X



Minggu-minggu ini bakal jadi minggu-minggu akhir tahun pelajaran 2013/2014. Sabtu, 21 Juni 2014, esok kami bakal menerima hasil belajar selama semester dua ini - rapor -. Ya, semoga hasil yang kami terima manfaat dan barokah, aamiin. Oh ya, bicara soal akhir tahun pelajaran pasti tidak lepas dengan peserta didik baru. Nah, pada kesempatan kali ini, kak akan membagikan sedikit informasi soal PPDB di SMAN 1 Jember. Namun, sebelum kita bahas soal PPDB, ada baiknya kita bahas dulu 'Kenapa harus SMAN 1 Jember?'.


WHAT?


SMAN 1 Jember adalah sekolah favorit di Kabupaten Jember. Sekolah ini seringkali dikenal dengan nama SMASa atau SMANSa Jember. Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan SMA Negeri pertama di Kabupaten Jember, yang didirikan dengan semangat gotong royong oleh masyarakat Jember. Dengan segudang prestasi yang dimiliki SMAN 1 Jember, beberapa tahun yang lalu SMA ini dikembangkan oleh pemerintah menjadi Sekolah bertaraf Internasional (SBI). Meskipun program SBI telah dihapuskan oleh pemerintah, hal ini nggak bikin masalah rumit bagi SMAN 1 Jember, sebab walaupun ndak ada SBI bukan sebuah halangan bagi kami untuk terus meningkatkan prestas:, menjadi pelajar dan pembelajar yang "CERDAS DAN BERMARTABAT DALAM KOMUNITAS PENDIDIKAN GLOBAL"


WHEN?


SMAN 1 Jember didirikan pada tahun 1952. Dengan umur yang udah lebih dari setengah abad, SMA Negeri 1 Jember selalu berada di hati masyarakat Jember karena mutu pendidikan yang baik dan prestasi yang membangggakan. Waktu yang ndak sebentar itu memberikan makna bahwa sekolah ini memiliki andil dalam pendidikan di Indonesia. Sekolah ini telah menjadi saksi bisu perjuangan banyak tokoh masyarakat, sebut saja Bupati Banyuwangi: Abdullah Azwar Anas, beliau lulus dari SMAN 1 Jember pada tahun 1992. Great toh?


WHERE?


View SMA Negeri 1 Jember in a larger map
SMAN 1 Jember terletak di Jl. Letjen Panjaitan No. 55, Jember, Jawa Timur. Jika kamu dari terminal Pakusari atau Tawangalun, ambil line dengan kode R atau E, bilang ke sopir linenya jurusan SMAN 1 Jember, pasti udah tau. Kalu kamu dari Stasiun Kota Jember, jalan aja ke arah alun-alun, terus intruksinya sama, cari line E atau R. 

Lokasi SMAN 1 Jember cukup strategis. Pos Polisi, Minimarket, Masjid, dan Puskesmas berada di ruas jalan yang sama dengan sekolah kami. Bahkan sumber ilmu terpenting dari suatu kabupaten: Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember bertetanggaan dengan sekolah kami. Lokasi SMAN 1 Jember juga tidak jauh dengan pusat nongkrong paling hebat: Toko Buku, baik itu Gramedia maupun Toga Mas, juga dengan tempat kursus seperti GO, Delta dan Neutron.

Akses line dari dan ke SMAN 1 Jember tidaklah sulit, line jalur utama kota, yakni line E dan R sering lalu lalang di depan sekolah kami, hal ini bener-bener bikin kami yang negkost mudah untuk pergi kemana-mana. Selain itu, hal yang nggak kalah penting adalah beberapa rumah kost juga tersedia dan mudah ditemukan di area sekeliling SMAN 1 Jember: Jl. Madura, Daerah Gunung Batu, Daerah Bukit Permai, Jl. Panjaitan, dll bahkan untuk tempat makan (terutama untuk anak kost) banyak warung-warung berjajar di sepanjang ruas Jalan Letjen Panjaitan. Jadi gak bakal kelaperan deh! 


HOW?


Tujuan utama SMAN 1 Jember bisa kita simpulin dari visi SMAN 1 Jember : "CERDAS DAN BERMARTABAT DALAM KOMUNITAS PENDIDIKAN GLOBAL". SMAN 1 Jember nggak hanya mencetak peserta didik yang pintar dan menguasai berbagai bidang akademik, tetapi juga mengembangkan karakter dan akhlak siswa. 

Pembelajaran akademik di SMAN 1 Jember umunya dilandasi dengan sikap kemandirian. Jadi kita bakal banyak mandiri, aktif dan proaktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, kreatif dan inovatif juga tantangan lain dalam tiap karya kita disini. Hal yang buat proses pembelajaran di SMAN 1 Jember itu ketat adalah adanya lingkungan yang pas buat bikin kondisi persaingan dalam iptek. Input dari banyak daerah yang dasarnya udah bagus membuat atmosfer pembelajaran yang berkualitas tercipta dengan sendirinya, hal ini dilengkapi dengan guru yang top markotop dan nggak perlu diragukan lagi kemampuannya.


Proses pembelajaran di SMAN 1 Jember didukung dengan fasilitas yang lengkap, sebut aja Perpustakaan yang full AC, adem, nyaman dan banyak koleksi bukunya, berbagai macam laboratorium: bahasa, komputer, kimia, fisika, biologi, aula, mushalla, WiFi, dan koneksi dengan Politeknik Jember untuk pembelajaran budidaya dan pertanian. Kegiatan di bidang akademik semakin dipacu dengan luasnya koneksi SMAN 1 Jember soal berbagai jenis lomba baik skala regional, nasional, maupun internasional, seperti tes ICAS dan Cambridge yang diadakan oleh lembaga internasional.


Selain di bidang akademik, bidang non akademik juga diperhatikan dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Jember. Ada banyak event seni di SMAN 1 Jember yang bertujuan untuk mendorong kreasi dan inovasi kita di dalam bidang non akademik seperti KIRANA (Kibaran Seni Arek SMASa), NuBir (Nuansa Biru), dan Jam Session. Salah satu produk non-akademik yang jadi unggulan kami adalah lukisan kaca yang masuk dalam mapel kesenian. Program ini mendapatkan apresiasi dari banyak tokoh masyarakat karena selain hal ini memang unik, kreatif, dan inovatif, program ini memiliki nilai budaya yang terlihat dari produk lukisan kaca yang umumnya bertemakan hal-hal tradisional seperti wayang, permainan tradisional, dll. Dan dilain sisi, produk ini juga bernilai jual, psst 


Out from all above, kami juga punya banyak kegiatan ekstrakurikuler yang pastinya membantu dalam menyalurkan dan mengembangin hobby kita. Ekskul ini meliputi kegiatan berbau ilmiah sperti KIR dan CM, kegiatan keagamaan sperti PASISMA, maupun kegiatan berbasis hobby dan bakat seperti PADSARA, MP, PASKIBRA, Basket, Teater, Volly, dll. Selain ilmu baru yang akan didapatkan dari ekstrakurikuler tersebut ada satu hal yang nggak bisa dilepaskan yakni kamu bakal bertemu dengan temen baru, sahabat baru dan saudara baru yang pastinya bakal bikin sekolah di SMAN 1 Jember menyenangkan dan nggak boring. 

Pinter, Nyeni, cukup? Nggak! Orang yang luar biasa pada zaman ini juga harus punya satu kemampuan lain yakni bermartabat! Bermartabat atau berakhlakul karimah adalah salah satu tujuan dari proses pembentukan karakter yang terintegrasi dalam kegiatan belajar-mengajar. Tak jarang, para guru selalu mengaitkan materi dengan keadaan sosial di masyarakat atau hikmah-hikmah yang dapat kita ambil. Kegiatan keagamaan juga sering diadakan di SMAN 1 Jember, seperti program wajib Pondok Ramadan, Peringatan Hari Besar Islam, Istighotsah, maupun event-event yang diadakan oleh PASISMA. Proses kegiatan ini dimasudkan agar kita menjadi manusia yang cerdas dan bermartabat: pinter tapi ndak minteri uwong.


WHY?


Why? Masih tanya lagi kenapa harus milih SMAN 1 Jember sebagai langkah pertama buat kehidupan kamu yang bakal luar biasa? Beragam fasilitas, atmosfer yang kondusif, dan juga persaingan yang menantang bakal benar-benar membuat kita terpacu untuk mengukir prestasi sebaik-baiknya! Masih belum percaya? nih beberapa situs yang worthy buat kamu kunjungin: 



WHO?


Jadi siapa saja yang worthy buat masuk dan belajar di SMAN 1 Jember? Anak orang kaya kah? Anak orang kota kah? Nope! Mereka yang berhak masuk ke SMAN 1 Jember adalah seseorang yang punya tekad buat jadi pembelajar sejati; punya tekad buat jadi orang bermanfaat, punya tekad untuk mengharumkan Indonesia! Jadi nggak peduli kamu makan sehari-hari pakai gethuk, chapjai, atau pizza. Juga ndak peduli rumahmu terbuat dari apa. Asalkan kamu punya tekad untuk be better and be the best, dan kamu punya modal untuk tujuan itu, you are really worth to be a part of us! Nah, lalu bagaimana cara pendaftarannya? Secara umum ada 2 jalur pendaftaran yaitu jalur prestasi / non test dan jalur test, untuk lebih jelasnya coba lihat bebearapa file gambar yang kak upload dibawah ini:







THEN?


Jadi bagaimana? Berminat menjadikan SMAN 1 Jember sebagai salah satu saksi bisu kesuksesanmu? Tunjukkan prestasimu dan daftar di SMAN 1 Jember, tunjukkan kalau kamu bener-bener pantes buat jadi civitas SMAN 1 Jember. 

Sekian dulu info yang bisa kak sampaikan, kalau ada sesuatu yang perlu ditanyakan bisa hubungi kak di fb (cek di blog ini, ada alamatnya kok). insyaAllah kalau sempat kak akan berbagai pengalaman lain saat belajar di SMAN 1 Jember. Jadi pantengin terus blog kak ini! Sebelum kak akhiri posting kali ini, kak ada quotes buat kalian semua: 

Soal kesuksesan, yang terpenting adalah tekad dan usaha, fasilitas dan kondisi adalah nomor dua. Sebab seseorang yang memang bertekad dan berusaha keras tidak diciptakan oleh keadaan, tapi Aa lah yang menciptakan keadaan!

Good Luck!

0 komentar: