Salaamun Alaykum! Hai! Bagaimana kabar? Akhirnya posting draft ini terposting juga setelah terkubur di arsip draft posting saya. (Draft P...

Bedah Androidku 1 : Android dan Aku


Salaamun Alaykum! Hai! Bagaimana kabar? Akhirnya posting draft ini terposting juga setelah terkubur di arsip draft posting saya. (Draft Per Januari) Bagaimana kabar di 2015 yang baru ini? Meskipun saya bukan termasuk yang merayakan tahun baru secara berlebihan tetapi tidak salah bukan ketika saya berharap semoga di setiap hari baru, bulan baru, dan tahun baru, Allah senantiasa menyertai kita, sehingga apa yang kita perbuat tidak bukan dan tidak lain berdasarkan perasaan cinta kita kepada Allah? Aamiin. Semoga kita selalu menjadi manusia yang terus yazid kebaikannya, aamiin.


Abad 21 adalah abad gadget. Seperti yang kita ketahui bahwa gadget bukan lagi barang yang mewah (sekali) saat ini. Setiap saat dengan mudahnya kita dapat menemukan para pengguna gadget. Tetapi tak sedikit orang menggunakan gadget hanya untuk alasan fashion, style, dan lambang kegengsian. Ups, itu bukan sifat seseorang yang selalu yazid dalam hidupnya lho! NaudzubiLlah. Padahal gadget dan berbagai macam teknologi lainnya diciptakan dan dikembangkan dengan tujuan utamanya ya untuk mempermudah aktivitas kita; mempermudah kita berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, dan teman kita, mempermudah eksplorasi bakat, hobby, dan kemampuan kita; mempermudah manajemen waktu, tugas, dan aktivitas kita; bahkan mempermudah kita mendekatkan diri kepada Allah!

Nah, pada kesempatan ini dan mungkin pada beberapa posting ke depan (kalau tidak sibuk dengan TO, SNMPTN, UH, UAS, UP, UNAS, SNMPTN #eh), saya akan menulis seri artikel berjudul, Bedah Androidku, terkesan alay? Biarkan! haha. Pada seri Bedah Androidku ini saya akan mengulas beberapa aplikasi downloaded (installed maupun uninstalled hehe) yang ada (atau pernah ada) di gadget ber-OS Android saya. Dengan pembedahan ini semoga manfaat yang saya dapatkan dari menggunakan smartphone sejenisnya bisa dirasakan oleh temen-temen juga. Then, let's check it out:

###

PART 1 : Android dan Aku


Pada seri pertama ini, saya akan membahas aplikasi yang berkaitan dengn keseharian kita, say it our personal apps. Let's check it out:


Google Play Music (grab it here)
Pemain musik atau katakanlah pembuka file-file berekstensi mp3, wav, amr, mid, dll. Yang namanya suara, nada, dan musik sepertinya sudah tidak bisa dilepaskan dari keseharian kita dan menginstall aplikasi player di gadget sudah tentu menjadi kewajiban bagi para gadgeter, entah untuk mendengarkan lagu, lecture, atau bahkan rekaman al Quran. Nah kenapa saya pilih Google Play Music (walau gak selalu pake ini) di Android saya karena aplikasi ini punya kelebihan adanya navigasi player yang tetap muncul saat gadget dalam keadaan locked. Jadi kita nggak perlu repot-repot buat buka locknya (apalagi yg di password) untuk navigasi, tinggal tekan fordward, backward atau pause.


Cal (grab it here)
Cal, just as its name, aplikasi ini adalah aplikasi Kalender. Bukannya aplikasi kalender udah ada ya defaultnya? Iya sih tapi yang namanya third party itu pasti bisa ngasih lebih dari apa yang ada di default system kita. But why i choose Cal? Ok, pertama, tampilannya yang minimalis, easy to see and easy to use. Kedua, tampilan yang nggak mbosenin, jadi tiap harinya bakal ada gambar sendiri yang membuat kita ndak bosan menggunakannya. Tiga, pengingat tidak hanya memberikan tanggal dan waktu acara kita, tapi juga foto, bahan-bahan, alamat, dan detail lain yang mungkin kita perlukan dalam acara tersebut. Also, it has easy to see and comfortable widget.The great plus is that aplikasi ini yakni punya fasilitas head up yang mana bakal ada kotak kecil pengingat event yang bakal nongol terus gak peduli kamu sedang pake aplikasi apa.


Puzzle Alarm Clock (grab it here)
Iya ini aplikasi alarm. Hehe. Kau tahu lah bagaimana sulitnya bangun dikala kita harus melekan sampe malem atau dini hari, atau kamu tahu kan tentang saat-saat alarm berbunyi dan kita ignore begitu aja? Nah saya salah satunya nih, hehe. Jadi akhirnya saya install aplikasi ini untuk bantu aplikasi alarm hp saya. Kelebihan aplikasi ini yakni alarm baru akan mati kalau kita bener-bener sadar! How to make sure? Caranya, aplikasi ini bakal nyuru kita untuk menyelesaikan puzzle yang disediakan, mulai dari permainan warna dan bentuk., kartu memori, hitungan matematika, captacha, hingga menyusun puzzle foto. Gimana gak bangun coba kalau gitu? Kecuali kamu lepas baterai hp, ya sama saja ceritanya. hahaha


Feedly (grab it here) dan Google News and Weather (grab it here)
Hari-hari tanpa TV, Majalah, apalagi koran, ya anak kos banget itu. Tapi apa sih yang ga mungkin di era digital ini? Nah dengan si feedly ini kita bisa berlangganan artikel dari suatu situs yang kemudian bisa kita baca dari aplikasi ini tiap kali ada artikel baru yang masuk. Widget yang disediain Feedly juga bagus tampilannya dan mudah digunakan, jadi kalau buat ditaruh di layar depan gak jelek-jelek amat. Nah buat yang ini sih kalau aku sering kali nggunain buat update info lomba, jadi yang namanya ketinggalan berita sih bisa diminimalisir. Hihi. Tapi psst, berubung udah kelas tiga gak banyak lomba, jadi aku sekarang berlaih pake google news, alasannya sih yang pertama itu, kedua lebih enteng aja aplikasinya, dan konsentrasi ke berita-berita baik nasional maupun internasional, sains maupun seni. Nilai plusnya ada fasilitas gadget yang nyantumin weather forecast-nya.


AccuWeather (grab it here)
Meskipun Google news and Weather punya fasilitas weather forecas, tapi khususon aplikasi ramalan cuaca, aku pake AccuWeather. Alasannya sih sepanjang yang saya tahu AccuWeather memang concern di bidang ramalan cuaca, jadi ya tahu lah, lebih fokus, lebih baik bukan? Salah satu kelebihannya nih adanya notifikasi yang terus on yang menginfokan kepada kita sekiilas cuaca pada 1 jam mendatang. But honestly, pertama kali make aplikasi ini di Jember hasilnya aneh banget, bilangnya thunderstorm tapi nyatanya terang benderang. Asumsi sih gegera banyak yang punya hajat jadi sinyal-sinyal cuaca terganggu akibat adanya ulah pawang hujan. hihihi


Lumosity (grab it here)
Bahas hal personal tanpa bahas game itu rasanya bahas seseorang yag hidupnya cuma didepan buku, mikroskop ato tumbuhan dan mayat hidup, and i'm not. Haha. Nah salah satu game yang (pernah) aku install dimari selain pou (you can check this app in play store) adalah lumosity. Aplikasi ini adalah game kecerdasan yang both refreshing and training our brain, serius deh. Dengan step-step di game nya, otak kita bisa ter-refresh dan terlatih untuk menyelesaikan hal-hal simpel tapi great.

mHealth
Efek pernah ikut mhealth-mhealth-an, jadi kudu ditularkan nih ilmunya, hehe. Jadi sesiapa yang bilang kalau gadget itu cuma bisa ngasih radiasi buruk, elektromagnetik lah, atau bla-bla-bla negatif lainnya tanpa berkontribusi positif dengan kesehatan kita saya kira ia termasuk orang yang kudet. Jadi saat ini kita itu bisa memanfaatkan gadget justru untuk kesehatan yang lebih baik. Dengan apa? Namanya mHealth atau mobile health. Dengan mHealth, kita akan lebih mudah melacak kesehatan kita, mulai self diagnosis kayak tes denyut jantung, pengingat kayak pill remiinder, aplikasi kalender menstruasi, tutorial kesehatan seperti P3K, hingga aplikasi pembantu kita berolah raga semacam aplikasi pelacak lari atau bersepeda kita, fitness training, dll. Buat section ini, penulis pernah menangin salah satu lomba poster bertema kesehatan bersama Tacik Diyan Ricky Warisle, nah kamu bisa baca lebih tentang mHealth disini:


Nah, bagaimana penasaran dengan aplikasinya? Download aja di Play Store. Semoga posting ini bermanfaat, dan semoga diberi kekuatan oleh Allah untuk meneruskan seri Bedah Androidku selanjutnya. Seeya. Salaamun alaykum!

0 komentar: