Perjalanan perdana ini, sungguh luar biasa! Ada banyak hal baru yang didapat, mulai dari hal ketiba-tibaan, pertolongan tiada duga, or...

Perjalanan Perdana (+Poster Gaya Hidup Sehat Nabawi)

Perjalanan perdana ini, sungguh luar biasa! Ada banyak hal baru yang didapat, mulai dari hal ketiba-tibaan, pertolongan tiada duga, orang-orang baik yang masih ada diantara kita, dan juga tentang ilmu Allah yang sungguh luas tak berbatas.

figure 2. ambis saat keberangkatan

 figure 3. bersama para semifinalis JIMU 2015


Dibalik foto: JIMU atau Jakarta Islamic Medical Update adalah salah satu event yang diadakan oleh FSI IKM FK UI. Pada JIMU tahun inni ada dua kegiatan utama yakni Seminar dan Talkshow dan juga Lomba Poster. Seminar tahun inni berisi tiga materi kece dengan pemateri yang juga super, diantara materinya adalah mengenai Madu sebagai Obat Luka, Menghafal Al Quran untuk Mencegah Demensia, dan Pandangan Islam terhadap Ilmu Kedokteran dan Perkembangannya. Sementara itu, lomba poster pada tahun ini dilaksanakan dibawah dua subtema yakni Thibbun Nabawi dan Manfaat Ibadah untuk Kesehatan Syaraf. (sudah tahu apa itu thibbun nabawi kan? Ya itu adalah metode pengobatan dan pemeliharaan yang didasarkan pada tradisi shahih kenabian). JIMU ini paralel dengan IMW-nya FK UNAIR lhoo, pesannya sama! Bagaimana seorang muslilm seharusnya bertinndak sebagai agen ganda: seorang faqih dan seorang ilmuwan! (psst, di hari yang sama, di FK UNAIR sedang berlangsung IMW 2015, congrats atas keberhasilan acaranya! check it more here >> imw.fk.unair.ac.id)

Oh iya! Special thanks buat korban-korban perjalanan perdana ini: keluarga, asatidz, sahabat, senior, para sejawat, dan hamba Allah lainnya. Jazakumullah khayran! 

figure 4. salah satu korban perjalanan perdana : Hashfi [FK UI, 2015]

 figure 5. salah dua korban perjalanan perdana : Agfi [UI, 2015]

Semoga perjalanan perdana ini menginduksi perjalanan-perjalanan selanjutnya, yang sudah tentu akan lebih luar biasa! Perjalanan baru saja dimulai, masih perdana. See ya ...

 figure 6. baru sampai pintu gerbang

Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan. - al ayah
diatas Bangunkarta

###

Poster Gaya Hidup Sehat Nabawi 


Gak afdol rasanya kalau hanya berbagi foto saja. Nah, sebagai pelengkap oleh-oleh perjalanan ini, berikut saya sertakan poster yang saya dan rekan saya, Humairah, buat tentang Thibbun Nabawi.


Ide yang kami angkat dalam poster ini adalah mengenai Thibbun Nabawi yang sebenarnya tidak hanya membicarakan seputar bekam, habatus sauda, ataupun madu saja, but more of it! Diantaranya yakni bagaimana kita menjaga kesehatan sehingga mencapai derajat kesehatan seperti Nabi Muhammad yang sepanjang hidupnya hanya sakit 2 kali! (read it more here).

Nah sementara itu, seperti yang telah kita ketahui (iya, kita :' #baper) diperlukan sudut pandang holistik (bahwa manusia tidak hanya sekumpulan sel -atau makhluk biologis-, tetapi juga memiliki aspek psiko dan sosio-kultural) untuk memahami kondisi sehat sakit seorang manusia.

Dan pada poster ini, kami mencoba menyajikan bagaimana konsep gaya hidup sehat ala Rasulullah yang sesuai dengan sunnah Thibbun Nabawi yang ber-evidence based, dan disajikan dalam pendekatan holistik melalui tips-tips ringan yang dapat dilaksanakan di kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat :))

Psst, soal posternya, kedua juri memberikan feedback agar mengurangi porsi teks dalam sebuah poster (apalagi sisi kanan poster kami yang lebih tepat disebut pendahuluan sebuah karya tulis), sebab kebermenarikan poster dan keterbacaannya pertama kali dari seberapa menarik suatu poster dari sisi visual :))

2 komentar:

  1. Selamat Husada, semoga perjuangan ini berkah. Jangan menyibukkan diri untuk tidak berprestasi. Inspiratif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih fajar :)) Allahu Akbar!

      Hapus