Muslim bukanlah seseorang yang apatis dengan keadaan sekelilingnya. Muslim adalah orang yang peduli dengan permasalahan disekitarnya, t...

Islam, AIDS, dan ODHA


Muslim bukanlah seseorang yang apatis dengan keadaan sekelilingnya. Muslim adalah orang yang peduli dengan permasalahan disekitarnya, termasuk yang satu ini: AIDS dan ODHA.

Sebagai seorang muslim sudah menjadi hak kita (ya, hak!) untuk menyumbangkan solusi bagi masalah yang ini. Dan salah satunya adalah mengajak umat untuk kembali kapada petunjuk Allah: al Quran.

Tidak ada solusi lain untuk mencegah AIDS dan penyebarannya kecuali dengan satu hal yang sudah Allah firmankan di al Quran melalui nabi-Nya, Muhammad saw, 14 abad yang lalu: 

''Walaa taqrabu al-zinaa"
Janganlah mendekati zina
- Q.S. 17:32

Lalu bagaiman dengan mereka orang-orang dengan HIV dan AIDS, ODHA? Apakah seorang muslim diajarkan untuk mem-blame mereka sebagai pendosa, pelaku maksiat dan segala stigma negatif lainnya? Tidak! Nasihatilah dengan cara yang baik, itulah kata al Quran. Sebab itu, bari mereka, orang-orang dengan HIV dan AIDS, tugas kita adalah menghidupkan kembali harapan mereka, sembari mengingatkan mereka akan ayat ini:

''Laa tay-asu min rauhi Allah"
Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah
- Q.S. 12:87


#MuslimPeduliAIDS

0 komentar: