CATATAN : Tulisan ini adalah publikasi dari draft yang sempat tertulis pada awal tahun 2015 yang belum sempat terpublikasikan karena..., y...

LMS SMASA Goes Mobile? Why Not?

CATATAN : Tulisan ini adalah publikasi dari draft yang sempat tertulis pada awal tahun 2015 yang belum sempat terpublikasikan karena..., you know lah :”) ; Semoga masih relevan meskipun beberapa ide dalam tulisan ini telah dapat dilakukan pada aplikasi lain seperti Line, Whatsapp, Google Class, dsb.

# # #

Assalamu alaykum! Hai kawan, bagaimana kabar? Semoga selalu dalam perlindungan Tuhan. Aamiiin. Pada kesempatan ini saya akan membahas salah satu ide gaje saya: LMS SMASA goes mobile. Walaupun pada akhirnya kemungkinan besar saya tidak dapat mengembangkannya –sendiri-, setidaknya suatu saat nanti, teman-teman seangkatan saya yang mengambil program studi IT, programming, atau sejenisnya bisa menfaatkan ilmunya untuk berkontribusi pada almamater tercinta ini. Kalau bukan kita siapa lagi? kalau bukan sekarang kapan lagi?

Kita boleh bilang zaman ini adalah zaman internet, zaman digital! Zaman dimana semua hal bisa kita akses hanya dengan menggunakan digiti (jari) kita. Everyday, everytime, and everyplace tersambung dengan komunitas maya mega luas yang disebutt internet. Internet telah menjadi kebutuhan yang merasuk pada setiap sendi kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu pemanfaatan internet di bidang pendidikan adalah teknologi e-learning.

E-learning itu sendiri merupakan singkatan dari “Electronic Learning.” E-learning dapat didefinisikan sebagai suatu jenis belajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar kepada siswa dengan menggunakan media internet, intranet, atau media jaringan komputer lain.

Nah, SMA Negeri 1 Jember sudah beberapa langkah lebih maju dari beberapa sekolah lain dengan menerapkan e-learning ini, salah satunya adalah penggunaan LMS. LMS atau yang lebih dikenal dengan Learning Management System adalah suatu perangkat lunak atau software untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online (terhubung ke internet), E-learning dan materi-materi pelatihan. Dan semua itu dilakukan dengan online (Ellis, 2009).


Berbicara mengenai penggunaan LMS di SMAN 1 Jember, selama saya menjadi siswa disana, ada beberapa aktivitas yang kerap kami lakukan di LMS; mulai dari pengunduhan materi pembelajaran, pengumpulan tugas-tugas harian atau pekerjaan rumah, ulangan online, hingga try out UAS. Dan hal tersebut sudah merupakan langkah yang bagus untuk kita apresiasi. Akan tetapi, masih ada beberapa fasilitas LMS yang belum pernah saya gunakan, seperti layanan profil, chatting, forum, agenda, inbox, dan beberapa fasilitas yang lain.

Bagian-bagian tersebut, saya kira, jika digunakan dengan optimal akan membawa manfaat lebih, mulai dari tersedianya ruang untuk siswa bisa berdiskusi dengan guru maupun teman-teman di forum (alternatif FB, kalau dibilang fb barang pribadi), siswa bisa meng-update jadwal terbaru atau pengumuman sejenisnya, siswa bisa mmen-track record prestasinya, saling mengirim tugas di inbox, mencatat jadwal agenda semisal lomba atau tryout, dll. Hal lain yang dapat diotimalkan mungkin dari segi penyajian, apalagi untuk mobile, dulu saya masih merasa kesulitan saat mengakses LMS via mobile.

Nah berkaitan dengan hal tersebut, saya mengusulkan sebuah ide kepada para IT-ers SMAN 1 Jember untuk suatu masa nanti membuat ‘sesuatu’ yang, saya kira, bisa membuat LMS jauh lebih handy, mudah diakses, efektif dan efisien, yakni LMS goes mobile. Jadi inti utama ide ini adalah pembuatan aplikasi semacam school asistant untuk gadget kecil (HP, tab, dsb) dengan dasar LMS smasa bagi civitas SMAN 1 Jember. Tidak hanya untuk siswa, adanya aplikasi semacam ini dapat mempermudah bapak ibu guru juga, guru dapat meng-update tugas atau apapun di aplikasi tanpa harus membuka web browser. 

How it works? Just, check it!


Nah itu desain kasar aplikasi SM4SA, Smart Mobile for Smasa academicians, (atau SMA4SA, smart mobile assistant for smasa's academicians) Haha, nama urusan belakang lah kalau ide ini dikembangkan.

Lalu, bagaimana dengan kontennya? Ini gambaran kasarnya:

Pada halaman utama, atau dahsbor, terdapat 3 tab utama: Home/ Beranda, Newsfeed, dan Agenda.

Home, berisi hal-hal yang dibutuhkan segera. Bagi temen-temen pengguna Google Now, menu-menu di Home disusun seperti card-card dalam google now. Diantara isi cards-nya: card pertama adalah Event / Agenda hari itu dengan keterangan singkatnya, ikon, judul kegiatan, waktu, dan tempat; card kedua adalah My Class, isinya adalah jadwal hari ini, mulai dari jam masuk, mata pelajaran, pengajar, dan bisa juga ruangannya; card ketiga adalah Assignment, isinya daftar tugas, pekerjaan rumah, ataupun ulangan yang lagi hot pada hari tersebut, dikumpulin hari tersebut, ataupun jadi to do list yang ingin dikerjakan pada hari tersebut.

Newsfeed, berisi info-info baru seperti pengumuman dari kurikulum, jadwal lomba baru, undangan event ekskul, pendaftaran oss, buku atau koleksi baru perpus, dll. Bahkan juga bisa diberi link / form pendaftaran jika diperlukan. 

Agenda, berisi jadwal kegiatan, tugas, dan ulangan perharinya: mulai today, tomorrow, dst. Bisa juga diisi dengan personal to-dos, seperti ‘akan mencetak ppt’, ‘menyampul buku’, ‘nyiapin diklat ekskul #eh’, dst. 

Selain tiga tab tersebut, terdapat juga menubar yang akan muncul bila tiga garis horizontal tersebut di-click. Pada menubar ini terdapat beberapa pilihan menu, yakni Classes, Grades, Inbox, dan Discussions. Nah khusus untuk menu Calendar, Classes, Inbox, dan Discusiion, terdapat space untu menampilkan notifikasi. Misal, notofikasi pengingat pembayaran SPP atau pengembalian buku perpustakaan pada menu Calenndar, notifikasi pengingat tugas dan ulangan pada menu Classes, notifikasi pesan baru pada menu Inbox, dan notifikasi like ataupun comment pada menu Discussion.

Calender, berisi kalender sebagai versi lengkap dari tab Agenda yang ada di dashbor aplikasi. Fiturnya bisa overview agenda bulanan, nambah agenda baru ataupun melihat agenda di tanggal tertentu. Pada menu Calendar, siswa juga dapat melihat event, jadwal pelajaran, ujian, ataupun tugas secara lengkap.

Classes, ini adalah bagian dari LMS yang biasa kita gunakan. Jadi, pada menu Classes, terdapat card-card mata pelajaran yang udah enroll-ed. Apabila card mata pelajaran di-click, maka akan ditampilkan newsfeed dengan card untuk tiap materi / tugasnya. Pada bagian ini, siswa dapat melampirkan file bila ingin mengumpulkan sebuah tugas misalnya. Pada bagian ini guru juga bisa mmemberi pengumuman untuk para siswa, misal ‘baca buku ini sebab besok bakal bahas ini’, dsb. Di bagian ini pula siswa dapat mengunduh materi, handout, prosedur lab, ppt, dsb. Bahkan pada pengembangan lebih lanjut, pada menu Classes bisa ditambahkan kolom quiz atau tugas yang mobile friendly.

Grades, gambaran kasar menu ini adalah sebagai tempat untuk memantau nilai-nilai akademis siswa atau setidaknya memantau nilai-nilai yang telah di-submit oleh guru-guru. Manfaatnya, siswa bisa mengevaluasi diri secara cepat. Pada nilai-nilai tertentu dapat juga disertakan komentar dari guru yang bersangkutan. 

Inbox, untuk menerima dan mengirim pesan. Menu ini adalah optimalisasi penggunaan inbox di LMS. Pada bagian ini juga dapat disediakan daftar kontak para guru, sehingga siswa dapat menghibungi beliau dengan lebih mudah. Fasilitas lain yang sempat terfikirkan adalah alamat khusus untuk BK, sehingga siswa dapat melakukan konsultasi online.

Discussion, semacam social media atau forum diskusi seperti kaskus dkk. Menu ini dapat digunakan sebagai tempat diskusi dimana siswa bisa mendiskusikan pelajaran. Pada bagian ini, juga dapat dikembangkan tab khusus untuk diskusi kelas, jadi tidak perlu repot-repot bikin grup wa, bb, ataupun line.

Selain menu-menu tersebut, terdapat beberapa ide lain yang bisa ditambahkan untuk menjadi fitur dari SMA4SA ini, mulai dari mode silent waktu pelajaran, fitur khusus dengan sandi untuk orang tua, widget, dsb.

Nah bagaimana? Hehe. Baru sampai situ jeroan desain dasar aplikasi ini yang baru terfikirkan. Ada banyak hal yang harus dirancang bila memang akan mengembangkan aplikasi ini. Mungkin aplikasi ini masih menjadi target masa panjang, tetapi saya berharap suatu saat nanti tetiba ada sahabat seangkatan, adik kelas, atau kakak kelas dapat mewujudkan ide ini. Aamiin

Semoga bermanfaat dan terutama dapat menginspirasi kalian yang sedang atau masih akan memilih program studi yang berhubungan dengan dunia IT, programming dan kawan-kawannya. Saya tunggu kontribusinya! Selamat berjuang, semoga sukses selalu! Assalamu alaykum.


0 komentar: