Bagi saya, setiap orang punya kisahnya sendiri, setiap tempat punya sejarahnya sendiri, dan setiap waktu punya kenangannya sendiri...

28082016 | Menghargai Kenangan


Bagi saya, setiap orang punya kisahnya sendiri, setiap tempat punya sejarahnya sendiri, dan setiap waktu punya kenangannya sendiri. Menghargai kenangan adalah sebuah cara untuk memaknai kehidupan. Membaca kembali serpih-serpih kenangan ibarat sebuah rekreasi hati; mengalunkan kembali nada-nada yang pernah terlantun, membangun kembali ruang-ruang yang pernah tersinggah, dan memutar kembali detik-detik yang pernah terlewat.

Kata Gobel, membaca kenangan merupakan sebentuk katarsis yang tak hanya mengekalkan kejadian bahwa “saya pernah ada disana, di suatu tempat, disuatu waktu” namun juga bagaikan merasakan kembali sensasi keindahan (juga mungkin ke-“tidak-indah”-an) saat melaluinya dulu. Membaca kenangan membuat saya semakin sadar, bahwa kehidupan yang saya jalani diwaktu silam, kini dan nanti, layak disyukuri serta dihargai.

Pada akhirnya, di suatu senja kehidupan nanti, saat saya berpulang ke kampung halaman yang sebenarnya, saya berharap, saya dihargai sebagai sepotong kenangan yang manis untuk dikenang oleh mereka yang cinta saya dan mereka yang saya cinta.

tengah malam menjelang hari Ahad

0 komentar: